Jumat, 12 Agustus 2011

Fungsi Pick Tool di CorelDraw

Tutorial CorelDraw ini akan membahas tentang fungsi Pick Tool di CorelDraw. Penggunaan pick tool yang ada di toolbox ini sangat penting karena salah satunya untuk mengaktifkan suatu objek atau tulisan. Adapun penjelasan secara singkat yaitu :

1. Buat sebuah objek kotak proporsional pada lembar kerja dengan tanpa warna. Untuk ukuran kotak menyesuaikan dengan selera yang penting dapat dilihat.


2. Klik menu Pick Tool pada toolbox lalu  klik objek kotak tadi. Dari langkah ini akan diketahui fungsi - fungsi dari pick tool.

3. Fungsi pick tool yang pertama, untuk memindahkan posisi objek kotak tadi. Caranya arahkan pointer pick tool yang bergambar empat arah panah pada kotak. Lalu tekan klik kiri mouse, geser posisi kotak tadi ke tempat yang lain

4. Bisa untuk memperbesar atau memperkecil ukuran objek. Caranya klik objek kotak tadi, perhatikan ikon kotak kecil pada setiap pinggirnya. Arahkan pointer pick tool pada salah satu kotak kecil sampai muncul ikon tanda panah dua arah. Tekan klik kiri mouse, arah tanda panah itu kedalam atau keluar objek kotak.

5. Untuk melakukan rotasi / perputaran pada objek kotak juga bisa caranya. Double klik pada objek kotak, sampai muncul ikon arah panah pada pinggir objek kotak. Arahkan pointer pick tool pada salah satu kotak sudut objek kotak dan tekan kiri mouse, putar sesuai keinginan maka objek tersebut akan berputar dengan sudut tertentu.

6. Memiringkan sisi objek (skew) dapat dilakukan, caranya kembalikan posisi kotak dengan sudut 0 derajat. Double klik pada objek kotak, arah pointer pada pinggir kotak misalnya pinggir samping saja sampai muncul ikon arah panah yang berlawanan. Sambil tekan tahan klik kiri mouse, arahkan pointernya ke atas atau bawah.

7. Pick Tool juga dapat digunakan untuk memilih lebih dari satu objek caranya, buat lagi sebuah kotak di dekat objek kotak pertama tadi. Caranya klik pada objek kotak pertama, lalu sambil tekan tahan Shift di keyboard lakukan klik kiri mouse pada objek kotak kedua. Jika caranya benar, maka kedua objek kotak sama - sama aktif.

Pemakaian menu Pick Tool sangat membantu dalam pengerjaan dalam CorelDraw. Selain untuk objek gambar, fungsi pick tool juga bisa dipakai pada tulisan text biasa. Pemahaman yang benar akan fungsi Pick Tool sangatlah mutlak bagi pemakai CorelDraw.

1 komentar:

Berkomentarlah sebelum komentar dikenai pajak
Berkomentarlah sebelum komentar diperketat
Berkomentarlah selagi masih bisa menulis, dan masih sehat
Berkomentarlah dengan sehat, dan sesuai judul
Semoga komentar anda membawa berkah dan pahala. AMIN..

About

Like Us